skip to main content

EFEKTIVITAS EKSTRAK SHEA BUTTER 5% TERHADAP KELEMBAPAN KULIT

*Gita Ayu Rachma  -  , Indonesia
Retno Indar Widayati  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Latar belakang : Kelembapan kulit berespons terhadap perubahan lingkungan, kondisi kulit, usia, atau penyakit. Selain adanya faktor resiko eksogen dan endogen, defisiensi substansi pengatur kelembapan alamiah atau Natural Moisturizing Factor (NMF) dan lemak berkontribusi terhadap berkurangnya kelembapan kulit. Pelembap digunakan untuk mempertahankan kelembapan kulit karena mengandung humektan, oklusif, dan emolien. Namun, jika dipakai dalam jangka panjang bahan-bahan sintetis pada pelembap dapat menimbulkan efek samping sehingga perlu diganti dengan bahan alami seperti ekstrak shea butter 5%.
Tujuan : Mengetahui efektivitas ekstrak shea butter 5% terhadap peningkatan kelembapan kulit.
Metode : Penelitian eksperimental dengan desain pre-test post-test control group design. 27 sampel menggunakan pelembap kontrol di lengan bawah kiri dan pelembap mengandung ekstrak shea butter 5% di lengan bawah kanan selama 28 hari. Kelembapan kulit dinilai dengan ODS sebelum dan sesudah pemakaian pelembap. Analisis hasil menggunakan uji Wilcoxon dan uji Mann-Whitney.
Hasil : 7 orang (25,9%) mengalami penurunan skor ODS, 18 orang (66,7%) tetap, dan 2 orang (7,4%) mengalami kenaikan skor ODS setelah menggunakan pelembap kontrol dengan p=0,096 (p>0,05). 14 orang (51,8%) mengalami penurunan skor ODS dan 13 (48,2%) orang tetap setelah menggunakan pelembap mengandung ekstrak shea butter 5% dengan p<0,0001 (p<0,05). Perbedaan perubahan skor ODS antar kedua kelompok adalah bermakna dengan p=0,024 (p<0,05).
Kesimpulan : Ekstrak shea butter 5% efektif meningkatkan kelembapan kulit.
Fulltext View|Download
Keywords: Kelembapan kulit, NMF, pelembap, humektan, oklusif, emolien, ekstrak shea butter 5%, ODS

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.