skip to main content

PERBEDAAN NEUTROPHIL-LYMPHOCYTE RATIO PADA SUBJEK BUKAN PEROKOK, PEROKOK RINGAN DAN PEROKOK SEDANG-BERAT

*Galang Bela Nusa  -  , Indonesia
Nyoman Suci Widyastiti  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Latar Belakang : Merokok merupakan problem kesehatan serius yang menyebabkan angka kesakitan dan kematian yang tinggi. Paparan asap rokok yang berlangsung lama dapat memicu inflamasi pada saluran nafas dan parenkim paru perokok serta mempengaruhi jumlah dan hitung jenis leukosit. White Blood Cell Count (WBC) menggambarkan status inflamasi. Neutrofil dan limfosit merupakan bagian terbesar dari leukosit sehingga mampu menggambarkan sebagian besar respon imun tubuh. Neutrophil-Lymphocyte Ratio (NLR) dapat menggambarkan status inflamasi pada perokok.
Tujuan : Membuktikan adanya perbedaan NLR antara subjek bukan perokok, perokok ringan dan perokok sedang-berat.
Metode : Penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan belah lintang dengan subjek penelitian sebanyak 36 orang yang dibagi menjadi tiga kelompok menurut klasifikasi perokok Sitepoe, yaitu kelompok subjek bukan perokok, perokok ringan dan perokok sedang berat. NLR didapat dengan membandingkan jumlah neutrofil absolut dengan jumlah limfosit absolut. Uji statistik menggunakan uji one way Anova dan uji Post Hoc Bonferroni.
Hasil : Rerata NLR pada kelompok subjek bukan perokok sebesar 2,42 ± 0,51, kelompok subjek perokok ringan sebesar 3,01 ± 1,29 dan kelompok subjek perokok sedang-berat sebesar 2,02 ± 0,63. Uji Post Hoc menunjukkan ada perbedaan antara nilai NLR kelompok subjek perokok ringan dan perokok sedang berat (p=0,030) dan tidak ada perbedaan antara nilai NLR kelompok subjek bukan perokok dengan kedua kelompok lainnya (p=0,348; p=0,821).
Kesimpulan : Terdapat perbedaan antara nilai NLR subjek perokok ringan dan perokok sedang-berat, namun tidak ada perbedaan antara nilai NLR antara subjek bukan perokok dengan perokok ringan maupun perokok sedang-berat.
Fulltext View|Download
Keywords: Rokok, Inflamasi, NLR

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.