skip to main content

PENGARUH EKSTRAK DAUN KERSEN (Muntingia calabura) TERHADAP GAMBARAN MIKROSKOPIS HEPAR TIKUS WISTAR JANTAN YANG DIINDUKSI ETANOL DAN SOFT DRINK

*Fiqih Kartika Murti  -  , Indonesia
Siti Amarwati  -  , Indonesia
Noor Wijayahadi  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Latar Belakang : Konsumsi alkohol dan soft drink semakin meningkat di dunia. Minuman yang mengandung etanol dan soft drink memiliki efek negatif terhadap hepar, diantaranya menghasilkan peroksidasi lipid, inflamasi hepar, stres oksidatif, penyakit hati alkoholik, resistensi insulin, dan Non Alcoholic Fatty Liver Disease. Ekstrak daun kersen memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang berpotensi sebagai hepatoprotektor sehingga dapat mencegah dan mengurangi kerusakan pada hepar.
Tujuan: Membuktikan pengaruh ekstrak daun kersen terhadap gambaran mikroskopis hepar tikus Wistar jantan yang diinduksi etanol dan soft drink.
Metode: Penelitian true experimental dengan Post Test-Only Control Group Design. Sebanyak 30 tikus Wistar jantan dibagi menjadi 5 kelompok yaitu kontrol, P1, P2, P3, dan P4. Kelompok P1 dan P3 diberi etanol 40% sebesar 1,8 ml/200 g/hari. Kelompok P2 dan P4 diberi soft drink sebesar 50 ml/hari. Kelompok P3 dan P4, 60 menit sebelum diinduksi etanol 40% dan soft drink diberikan ekstrak daun kersen sebesar 500 mg/kgBB/hari. Setelah intervensi 30 hari, sampel diterminasi dan heparnya dibuat preparat untuk diamati gambaran mikroskopis. Uji analisis menggunakan Kruskal-Wallis dan Mann Whitney.
Hasil: Pemeriksaan histopatologi menunjukkan sebagian besar hepatosit dalam keadaan normal pada kelompok kontrol, nekrosis zona 3 lobulus hepar pada P1, degenerasi parenkimatosa pada P2, degenerasi parenkimatosa pada P3, dan hepatosit dalam keadaan normal pada P4. Uji Kruskal-Wallis menunjukkan perbedaan yang bermakna pada seluruh kelompok (Kontrol, P1, P2, P3, dan P4) dengan p=0,001. Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan perbedaan yang bermakna pada K-P1 (p=0,001), K-P2 (p=0,001), P1-P3 (p=0,001), dan P2-P4 (p=0,011).
Kesimpulan: Pemberian ekstrak daun kersen menghasilkan perbedaan yang bermakna pada gambaran mikroskopis hepar yang diinduksi etanol dan soft drink.
Fulltext View|Download
Keywords: Etanol, soft drink, ekstrak daun kersen, hepatoprotektor, gambaran mikroskopis hepar

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.