skip to main content

PENGARUH SUPLEMEN VITAMIN D TERHADAP JUMLAH EOSINOFIL JARINGAN PARU PENDERITA ALERGI STUDI EKSPERIMENTAL PADA MENCIT BALB/C YANG DIINDUKSI OVALBUMIN

*Eka Yuli Padma Lestari  -  , Indonesia
Yanuar Iman Santoso  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Latar Belakang : Alergi atau reaksi hipersensitivitas yang diperantarai IgE merupakan masalah kesehatan baik di negara berkembang maupun di negara maju. Vitamin D dapat menurunkan kejadian inflamasi dan penyakit infeksi saluran pernapasan, meningkatkan fungsi paru, mengurangi sensitivitas pernapasan dan mengurangi hipersensitivitas terhadap aeroalergen.
Tujuan : Membuktikan ada pengaruh pemberian suplemen vitamin D terhadap jumlah eosinofil jaringan paru mencit Balb/c yang diinduksi ovalbumin.
Metode : Penelitian ini berjenis True Experimental dengan desain Post Test Only Control Group Design. Sampel sebanyak 18 ekor mencit Balb/c dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu kelompok kontrol negatif yang hanya diberi pakan standar, kelompok kontrol positif diinduksi ovalbumin, dan kelompok perlakuan diinduksi ovalbumin dan suplemen vitamin D per oral. Penelitian dilaksanakan selama 30 hari. Pada hari ke 31 mencit diterminasi untuk diamati histopatologi jaringan paru.
Hasil : pada gambaran histopatologi jaringan paru Uji Shapiro-Wilk didapatkan data berdistribusi tidak normal. Kemudian dilakukan uji Kruskal-Wallis didapatkan data yang bermakna dengan nilai p = 0,006 (p<0,05 dilanjutkan dengan uji Mann Whitney dengan hasil rerata jumlah eosiofil menunjukan perbedaan yang bermakna antar kelompok kontrol positif dengan kontrol negatif yaitu p=0,008 (p<0,05). Selain itu ditemukan pula perbedaan bermakna antara kelompok kontrol positif dengan perlakuan dengan vitamin D yaitu p = 0,008 (p<0,05). Akan tetapi, didapatkan perbedaan tidak bermakna antara kelompok kontrol negatif dengan kelompok perlakuan vitamin D yaitu p =0,690 (p<0,05).
Simpulan : Pemberian suplemen vitamin D berpengaruh menurunkan rerata jumlah eosinofil jaringan paru pada mencit Balb/c yang diinduksi ovalbumin
Fulltext View|Download
Keywords: Alergi, Rinitis alergi, Vitamin D, Paru, Eosinofil

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.