skip to main content

PENGARUH INDEKS KOIL TALI PUSAT TERHADAP INDEKS PONDERAL BAYI BARU LAHIR KEHAMILAN ATERM

*Edo Sun De Putra  -  , Indonesia
M. Besari Adi Pramono  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Latar belakang : Tali pusat merupakan jaringan ikat yang menghubungkan antara plasenta dan janin yang memiliki peranan penting dalam interaksi antara ibu dan janin selama masa kehamilan. Gangguan sirkulasi tali pusat dapat menyebabkan asfiksia terhadap organ dan metabolisme janin baik akut maupun kronis, sehingga pada akhirnya akan mempengaruhi luaran bayi lahir.
Tujuan : Mengetahui pengaruh indeks koil tali pusat terhadap indeks ponderal bayi baru lahir kehamilan aterm
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional observasional. Sampel merupakan Ibu hamil dengan bayi kelahiran aterm (37 – 42 minggu) yang dirawat di Bagian Kebidanan dan Penyakit Kandungan RSUP Dr. Kariadi Semarang, RSIA Bunda Semarang, Puskesmas Halmahera Semarang dan Puskesmas Ngesrep Semarang. Data yang dikumpulkan adalah data sekunder berupa skala rasio yang ditentukan dari hasil pengukuran indeks ponderal bayi baru lahir dan data primer yang merupakan data ordinal yang didapatkan dari hasil pengukuran indeks koil tali pusat. Uji statistik menggunakan uji normalitas data Saphiro Wilk dan dilanjutkan dengan uji non parametric Spearman Rank Correlation Test.
Hasil : Dari 50 sampel penelitian didapatkan Rerata indeks koil tali pusat sebesar 0,35 ± 0,09. Rerata skor indeks ponderal sebesar 2,64 ± 0,24. Terdapat hubungan negatif yang signifikan antara indeks koil tali pusat dan indeks ponderalpada bayi baru lahir dengan koefisien korelasi sebesar -0,627 (p < 0,01).
Kesimpulan : Terdapat hubungan negatif yang signifikan antara indeks koil tali pusat dengan indeks ponderal bayi baru lahir. Hal ini menunjukan semakin tinggi indeks koil tali pusat atau hypercoiling maka semakin rendah indeks ponderal pada bayi baru lahir.
Fulltext View|Download
Keywords: Indeks Koil Tali Pusat, Indeks Ponderal Bayi Baru Lahir

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.