skip to main content

FAKTOR-FAKTOR RISIKO YANG BERPENGARUH TERHADAP SENSORINEURAL HEARING LOSS (SNHL) PADA PENDERITA SPEECH DELAY : STUDI DI RUMAH SAKIT UMUM PUSAT DOKTER KARIADI SEMARANG

Zulfikar Naftali  -  , Indonesia
Willy Yusmawan  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Latar Belakang : Speech delay merupakan salah satu masalah tumbuh kembang anak. Salah satu penyebab speech delay yang paling sering terjadi adalah sensorineural hearing loss. Faktor risiko yang dapat memengaruhi sensorineural hearing loss bervariasi, mulai dari prenatal sampai faktor risiko setelah anak lahir.
Tujuan : Menganalisis faktor-faktor risiko yang berpengaruh terhadap sensorineural hearing loss pada penderita speech delay.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain kasus kontrol. Subjek penelitian adalah 62 penderita speech delay, terdiri atas 31 penderita speech delay yang terdiagnosis SNHL sebagai kelompok kasus dan 31 penderita speech delay yang tidak terdiagnosis SNHL sebagai kelompok kontrol. Uji statistik analisis inferensial dilakukan menggunakan uji chi-square dan uji Fisher’s exact. Uji statistik analisis multivariat dilakukan dengan menggunakan uji regresi logistik.
Hasil : Berat lahir rendah merupakan faktor risiko yang berpengaruh terhadap SNHL pada penderita speech delay (OR=27,259 CI=1,749-440,491; p=0,018). Riwayat prenatal, prematuritas, asfiksia neonatorum, ikterus neonatorum, dan riwayat postnatal tidak berpengaruh terhadap SNHL pada penderita speech delay.
Kesimpulan : Berat lahir rendah merupakan faktor risiko yang berpengaruh terhadap SNHL pada penderita speech delay.
Fulltext View|Download
Keywords: sensorineural hearing loss, speech delay, faktor risiko

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.