PENGARUH EKSTRAK GYNURA DIVARICATA TERHADAP KADAR MDA DARAH TIKUS TERINDUKSI KANKER PAYUDARA

Andreas Tigor Partomuan, Innawati Jusup

Abstract


Latar Belakang : Kanker payudara merupakan penyakit keganasan dengan angka kasus sebesar 43,2% dan angka kematian 12,9% diantara penyakit keganasan lainnya pada tahun 2012. MDA merupakan salah satu marker biokimia yang dapat digunakan untuk penilaian profil kanker. Beberapa tahun terakhir terapi herbal bagi penyakit kanker banyak diteliti, salah satunya Gynura divaricata.
Tujuan : Mengetahui pengaruh ekstrak daun Gynura divaricata terhadap kadar MDA darah tikus terinduksi kanker payudara.
Metode : Penelitian eksperimental ini menggunakan rancangan post-test only control group design. 15 ekor tikus betina Sprague Dawley® dibagi 3 kelompok secara acak, yaitu selama 3 bulan, masing-masing kelompok kontrol negatif (K1) diberi diet standar, kelompok kontrol positif (K2) diberi pakan standar dan diinduksi kanker payudara, serta kelompok perlakuan (P) yang diberi pakan standar, kemudian diinduksi kanker payudara, lalu diberikan ekstrak Gynura divaricata dengan dosis 750 mg/kgBB setiap hari. Pada hari ke-15, darah dari masing-masing kelompok diambil untuk diteliti kadar MDA di dalamnya. Setelah itu, hasil penelitian diuji hubungannya secara statistik menggunakan metode one way ANOVA
Hasil : Rerata kadar MDA darah yang didapatkan adalah 2,671(K1), 4,088(K2), dan 3,233(P). Kadar MDA darah pada ketiga kelompok dianalisis menggunakan uji one way ANOVA dan mendapatkan hasil p=0,330.
Kesimpulan : Terdapat pengaruh yang dari ekstrak Gynura divaricata terhadap kadar MDA darah tikus terinduksi kanker payudara. Namun, perbedaan yang didapatkan tidak signifikan.

Keywords


Gynura divaricata, MDA, kanker payudara

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
JURNAL KEDOKTERAN DIPONEGORO by http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/medico/ is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats