skip to main content

HUBUNGAN KEJADIAN EFUSI PLEURA PADA PASIEN GAGAL JANTUNG KONGESTIF BERDASARKAN FOTO THORAKS DI RSUP DR KARIADI TAHUN 2015

*Andika Abdul Rahim Damanik  -  , Indonesia
Sukma Imawati  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Latar Belakang: Gagal jantung kongestif merupakan penyebab utama morbiditas dan mortalitas di seluruh dunia. Risiko terjadinya gagal jantung kongestif juga semakin meningkat sepanjang waktu, dan dengan meningkatnya usia. Sementara efusi pleura merupakan suatu keadaan yang cukup sering dijumpai. Di Indonesia, kejadian efusi pleura paling banyak disebabkan oleh berbagai kasus infeksi. Sejauh ini belum terdapat penelitian yang meneliti hubungan antara gagal jantung kongestif dengan kejadian efusi pleura, sehingga dirasakan perlu bagi peneliti untuk melakukan penelitian ini.
Tujuan: Mengetahui hubungan antara efusi pleura berdasarkan foto thoraks dengan pasien gagal jantung kongestif di RSUP Dr. Kariadi pada Januari - Desember 2015.
Metode: Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik dengan menggunakan rancangan cross sectional. Data yang dikumpulkan adalah data sekunder yang berupa catatan medik pasien ruang rawat inap RSUP Dr. Kariadi Semarang periode Januari - Desember 2015. Kemudian data yang diperoleh diedit, dikoding, ditabulasi, dan dimasukkan ke dalam computer lalu dihitung frekuensinya kemudian ditampilkan dalam tabel.
Hasil: Hasil uji chi-square menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara gagal jantung kongestif berdasarkan foto thoraks dengan kejadian efusi pleura (p < 0,05)
Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara gagal jantung kongestif berdasarkan foto thoraks dengan kejadian efusi pleura.
Fulltext View|Download
Keywords: gagal jantung kongestif, efusi pleura, foto thoraks

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.