skip to main content

FAKTOR RISIKO RINITIS AKIBAT KERJA PADA PEKERJA PENGECATAN MOBIL PENGGUNA CAT SEMPROT (Studi pada Bengkel Pengecatan Mobil di Kota Semarang)

*Andhita Restu Damayanti  -  , Indonesia
Willy Yusmawan  -  , Indonesia
Zulfikar Naftali  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Latar belakang : Masalah rinitis masih menjadi masalah kesehatan global di Indonesia. Rinitis akibat kerja (RAK) dapat mempengaruhi produktivitas pekerja, salah satu pekerjaan yang berisiko tinggi adalah pekerja pengecatan mobil terutama yang menggunakan cat semprot.
Tujuan : Mengetahui faktor-faktor risiko yang terkait dengan rinitis akibat kerja (RAK) yang disebabkan oleh pajanan cat semprot pada pekerja bengkel pengecatan mobil.
Metode : Penelitian ini dilakukan pada 49 pekerja bengkel pengecatan mobil pengguna cat semprot di kota Semarang yang bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian rinitis akibat kerja. Penelitian ini menggunakan desain belah lintang. Data diolah dan disajikan dalam tabel distribusi frekuensi, kemudian dilakukan analisis data melalui tiga tahap yaitu analisis univariat, bivariat dengan menggunakan uji chi square dan uji Fisher’s exact, dan multivariat dengan menggunakan uji regresi logistik.
Hasil : Dari analisis chi square dan Fisher’s exact, tidak ada hubungan antara umur dengan kejadian rinitis akibat kerja (nilai p = 0,058), tidak ada hubungan antara lama paparan dengan kejadian rinitis akibat kerja (nilai p = 0,342), ada hubungan antara kepemilikan ruang khusus pengecatan dengan kejadian rinitis akibat kerja (nilai p = 0,000), ada hubungan antara penggunaan masker dengan kejadian rinitis akibat kerja (nilai p = 0,019). Hasil analisis multivariat dengan uji regresi logistik didapatkan hasil bahwa ada hubungan yang bermakna secara statistik pada kepemilikan ruang khusus pengecatan dengan nilai p = 0,004 dan odds ratio 9,626.
Kesimpulan : Dapat disimpulkan bahwa dari empat variabel yang diteliti terdapat dua variabel yang berhubungan dengan kejadian RAK, yaitu variabel kepemilikan ruang khusus pengecatan dan penggunaan masker. Variabel kepemilikan ruang khusus pengecatan merupakan variabel yang paling berpengaruh.
Fulltext View|Download
Keywords: Rinitis akibat kerja, bengkel pengecatan mobil, cat semprot.

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.