skip to main content

EVALUASI DATA PELAKSANAAN RUMAH TANGGA BERPERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SIGALUH 2 KABUPATEN BANJARNEGARA

*Amita Maharani  -  , Indonesia
Dodik Pramono  -  , Indonesia
Arwinda Nugraheni  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Latar Belakang : Keberhasilan Desa Siaga Aktif dari komponen PHBS terlihat dari peningkatan terus-menerus Rumah Tangga ber-PHBS. Penigkatan tersebut tak lepas dari peran kader dalam penilaian atau pengambilan data Rumah Tangga ber-PHBS dilakukan setiap tahun dengan menggunakan Kartu PHBS. Data tersebut selanjutnya akan menentukan rencana intervensi berdasarkan data hasil PHBS. Kesalahan kader dalam melakukan pendataan sangat mempengaruhi intervensi yang akan direncanakan bagi rumah tangga di wilayahnya. Karena itulah diperlukan suatu evaluasi dalam penilaian Rumah Tangga ber-PHBS.
Metode : Penelitian ini merupakan suatu penelitian observasional desriptif dengan metode penelitian cross sectional. Lokasi penelitian yaitu wilayah kerja Puskesmas Sigaluh 2, Kabupaten Banjarnegara. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara oleh peneliti. Data yang diperoleh akan dibandingkan dengan data sekunder Puskesmas Sigaluh 2 pada tahun sebelumnya kemudian didekripsikan keadaan yang terjadi oleh peneliti.
Hasil : Pengambilan sampel di Puskesmas Sigaluh 2 sudah tepat untuk alat pengambilan, waktu, petugas, cara penilaian, besar sampel dan kategori strata PHBS, terdapat indikator PHBS yang tidak sesuai dengan kriteria indikator.
Kesimpulan : Pengambilan data oleh Puskesmas Sigaluh 2 sudah berjalan dengan baik, namun yang perlu diperhatikan adalah dalam pencatatan oleh kader dan penyesuaian indikator PHBS dengan kriteria indikator.
Fulltext View|Download
Keywords: Rumah Tangga ber-PHBS, Program PHBS, Desa Siaga Aktif.

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.