skip to main content

PERBEDAAN SATURASI OKSIGEN AWAL MASUK TERHADAP LUARAN PNEUMONIA PADA ANAK

*Aldora Putri Tammy  -  , Indonesia
Moh. Asrofil Anam  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
LatarBelakang : Pneumonia hingga saat ini masih menjadi masalah kesehatan anak utama di Negara berkembang. Hipoksemia merupakan salah satu penyebab utama kegagalan terapi di rumahsakit.
Tujuan :Membuktikan adannya perbedaan saturasi oksigen awal masuk terhadap luaran pneumonia pada anak.
Metod e: Penelitian obsevarsional dilaksanakan pada bulan April - Juni 2016 dengan subyek penelitian adalah pasien pneumonia anak usia 2- 59 bulan yang didapat dari rekam medis tahun 2014-2015 di RSUP dr. Kariadi Semarang. Saturasi oksigen awal masuk dinilai dan dilihat hubungan dengan luaran pneumonia berupa responterapi, lama rawat, dan status of discharge.Data dianalisis denganuji Chi Square, uji Fisher, dan Mann-Whitney.
Hasil : Jumlah sampel adalah 78 pasien pneumonia anak yang terbagi menjadi dua kelompok, 26 pasien dengan saturasi oksigen <95% dan 52 pasien dengan saturasi oksigen >=95%. Penelitian ini menunjukan bahwa saturasi oksigen awal masuk tidak memiliki hubungan bermakna dengan respon terapi (p=0,113) dan status of discharge (p=1), namun memiliki hubungan bermakna dengan lama rawat (p=0,043).
Simpulan : Saturasi oksigen awal masuk memiliki hubungan dengan lama rawat, namun tidak memiliki hubungan dengan respon terapi dan status of discharge.
Fulltext
Keywords: Saturasioksigen, lama rawat, responterapi, status of discharge.

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.