skip to main content

PENGARUH OLAHRAGA TERHADAP KETERATURAN SIKLUS MENSTRUASI PADA MAHASISWI FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN 2016

*Aldo Febriananto Kurniawan  -  , Indonesia
Yuli Trisetiyono  -  , Indonesia
Dodik Pramono  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Latar Belakang : Olahraga berlebihan dapat menyebabkan terjadinya gangguan siklus menstruasi. Jumlah wanita yang mengikuti kegiatan olahraga dan aktivitas fisik terus meningkat. Walaupun olahraga memiliki banyak keuntungan, tetapi olahraga juga dapat menyebabkan beberapa gangguan. Latihan fisik yang berat dapat menimbulkan gangguan pada fisiologi siklus menstruasi.
Tujuan : Mengetahui pengaruh olahraga terhadap keteraturan siklus menstruasi mahasiswi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang Tahun 2016.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan rancangan cross sectional. Sebanyak 80 mahasiswi FIK UNNES yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi selama Februari 2016 sampai Maret 2016 telah mengisi kuesioner. Data jenis olahraga, frekuensi, durasi serta siklus haid diperoleh melalui wawancara dengan kuesioner yang dibuat khusus untuk penelitian ini. Data dideskripsikan dalam bentuk tabel dan gambar, dilakukan uji Mann Whitney, analisis data menggunakan program komputer
Hasil : Sebanyak 62 sampel (77.5%) dari 80 sampel mahasiswi pernah mengalami ketidakteraturan siklus menstruasi. Pada penelitian ini didapatkan nilai p<0.05 atau bermakna pada variabel frekuensi dan durasi latihan terhadap siklus menstruasi pada mahasiswi FIK UNNES. Perbedaan distribusi kejadian haid tidak teratur berdasarkan jenis olahraga adalah tidak bermakna (p=0,1).
Simpulan : Terdapat hubungan yang bermakna antara frekuensi dan lama latihan dengan siklus menstruasi pada mahasiswi FIK UNNES.
Fulltext View|Download
Keywords: siklus menstruasi, pengaruh olahraga

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.