skip to main content

HUBUNGAN PERKEMBANGAN KEMAMPUAN BAHASA DENGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI NONFORMAL

Farid Agung Rahmadi  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Latar Belakang : Perkembangan bahasa merupakan salah satu indikator perkembangan menyeluruh dari kemampuan kognitif anak yang berhubungan dengan keberhasilan di sekolah nanti. Keterlambatan perkembangan awal kemampuan bahasa dapat mempengaruhi berbagai fungsi dalam kehidupan sehari-hari. Selain mempengaruhi kehidupan personal sosial, juga akan menimbulkan kesulitan belajar, bahkan hambatan dalam bekerja kelak. Identifikasi dan intervensi secara dini dapat mencegah terjadinya gangguan dan hambatan tersebut.
Tujuan : Membuktikan adanya hubungan perkembangan kemampuan bahasa dengan Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal di Semarang
Metode : Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 84 responden, yang mengikuti PAUD nonformal dan PAUD informal. Penelitian dilakukan di Kelompok Belajar dan rumah-rumah warga pada bulan Maret 2016. Sampel diambil secara consequtive sampling. Data diperoleh melalui kuesioner dan wawancara terhadap orang tua responden. Analisis data dilakukan secara bertahap meliputi analisis univariat dan analisis bivariat menggunakan uji Spearman pada program SPSS.
Hasil : Hasil uji statistik dengan uji korelasi Spearman menunjukkan adanya hubungan antara perkembangan kemampuan bahasa anak dengan PAUD di Semarang (p < 0,01; r = 0,492), sedangkan hubungan bahasa dengan jenis kelamin tidak menunjukan kemaknaan (p = 0,580 ; r = 0,061) dan hubungan kemampuan bahasa dengan status gizi juga tidak menunjukan kemaknaan (p = 0,632 ; r = 0,053).
Simpulan : Terdapat hubungan skor perkembangan bahasa yang bermakna antara PAUD nonformal dan informal pada usia 2 -3 tahun (p < 0,01; r = 0,492).
Fulltext View|Download
Keywords: Kemampuan bahasa, PAUD nonformal, PAUD informal.

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.