PROSES KULTIVASI Spirulina platensis MENGGUNAKAN POME (Palm Oil Mill Effluent) SEBAGAI MEDIA KULTUR DALAM RACEWAY OPEN POND BIOREACTOR

Elisa Mutiah, Erlinda Khoirunisa, A Abdullah

Abstract


Penelitian dilakukan dengan mengkultivasi Spirulina platensis pada media POME menggunakan raceway open pond bioreactor selama 5 hari. Penelitian dengan variabel konsentrasi POME (pengenceran 3×, 4×, 5×) dan kepadatan umpan Spirulina platensis (0.443 g/L; 0.618 g/L; 0.952 g/L) ini, bertujuan untuk mempelajari pengaruh variabel tersebut terhadap pertumbuhan Spirulina platensis dan mengetahui perpaduan yang paling baik untuk kedua variabel yang dipelajari. Respon yang diambil adalah biomassa kering dari Spirulina platensis. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa untuk konsentrasi POME dengan pengenceran 5× memberikan biomassa kering Spirulina platensis paling baik yaitu mencapai 0.7592 g/L. Sedangkan pada kepadatan umpan Spirulina platensis yang memberikan biomassa kering paling baik mencapai 0.9932 g/L adalah kepadatan umpan 0.443 g/L. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa untuk mendapatkan biomassa paling baik dari Spirulina platensis, digunakan konsentrasi POME dengan pengenceran 5× menggunakan umpan Spirulina platensis pada kepadatan 0.443 g/L. Dari penelitian ini, diharapkan dilakukan penelitian lanjutan untuk waktu kultivasi yang lebih lama sehingga dapat menjadi kontribusi bagi upaya budidaya Spirulina plantesis untuk dimanfaatkan dalam bahan makanan, pakan, kecantikan, dan kesehatan.


Keywords


Spirulina platensis, POME, kultivasi, biomassa kering.

Full Text:

FULLTEXT PDF



Creative Commons License
Jurnal Teknologi Kimia dan Industri by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jtki is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats