IMPLEMENTASI PROGRAM PENGEMBANGAN PEMASARAN PARIWISATA DI MANDALIKA NUSA TENGGARA BARAT
Abstract
Penelitian ini menganalisis Implementasi Program Pengembangan Pemasaran Pariwisata di Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini dilandasi dengan belum terangkatnya Destinasi Super Prioritas di Mandalika, Key Strategy yang dibuat Kemenparekraf belum semuanya berjalan baik, Daya tarik wisata masih sangat kurang, kurangnya kepekaan masyarakat Indonesia terhadap pariwisata di Mandalika Nusa Tenggara Barat. Tujuan penelitian ini memiliki dua aspek utama bagaimana implementasinya dan faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaannya. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pengembangan pemasaran pariwisata di Mandalika telah berjalan dengan sesuai rencana strategis meskipun masih ada beberapa area yang memerlukan perbaikan. Saran untuk perbaikan permasalahan yang dihadapi kelompok sasaran yang belum baik, kemampuan penerima manfaat untuk mengelola keluaran program serta ketersediaan sumber anggaran dalam pelaksanaan program yaitu dengan peningkatan pelatihan dan pendampingan bagi penerima manfaat, peningkatan kerja sama antar pemangku kepentingan, dan peningkatan pemanfaatan teknologi informasi dalam pemasaran pariwisata
Keywords
Implementasi, Program Pengembangan, Pemasaran Pariwisata, Mandalika, Nusa Tenggara Barat