ANALISIS USER EXPERIENCE PADA PENGGUNAAN APLIKASI JAKARTA KINI (JAKI) DI PROVINSI DKI JAKARTA

Vibby Riskasari, Amni Zarkasyi Rahman
DOI: 10.14710/jppmr.v13i2.43540

Abstract

Aplikasi JAKI merupakan inovasi layanan publik berbasis digital yang menyediakan berbagai fitur. Tujuan dari aplikasi JAKI adalah untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh layanan dan membantu memnuhi kebutuhan masyarakat DKI Jakarta. Hadirnya aplikasi JAKI ini memberikan atensi positif di masyarakat karena menjadi terobosan baru Pemprov DKI Jakarta. Pelayanan aplikasi JAKI ini dipersepsikan oleh seluruh pengguna. Adanya persepsi positif dan persepsi negatif masyarakat dari penggunaan aplikasi JAKI, sehingga hal ini menimbulkan perbedaan yang didasarkan pada aspek pengalaman pengguna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara dengan beberapa responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis data User Experience Quistionnaire (UEQ). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indikator yang memiliki nilai paling baik berdasarkan perspi pengguna aplikasi JAKI adalah indikator kebaruan (novelty) dengan memperoleh nilai sangat baik, indikator stimulasi (stimulation) memperoleh nilai baik, indikator daya tarik (attractiveness) memperoleh nilai diatas rata-rata, indikator efisiensi (efficiency) memperoleh nilai diatas rata-rata, indikator kejelasan (perspicuity) memperoleh nilai diatas rata-rata dan indikator keandalan (dependability) memperoleh nilai yang masih belum optimal dengan nilai dibawah rata-rata.

Full Text: PDF

Keywords

Aplikasi JAKI, User Experience, User Experience Quistionnaire (UEQ)