ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN PADA MAL PELAYANAN PUBLIK KABUPATEN KUDUS
Abstract
Pelayanan publik merupakan aktivitas pemerintah untuk memenuhi kebutuhan pelayanan seperti pelayanan barang, jasa atau lain sebagainya yang dilakukan oleh penyelenggara layanan publik. Salah satu upaya yang ditetapkan oleh pemerintah pusat dalam penyelenggaraan pelayanan publik adalah membangun sistem Mal Pelayanan Publik (MPP) yang bertujuan untuk mengintegrasikan pelayanan publik pada satu tempat sebagai upaya meningkatkan kecepatan, kemudahan, jangkauan, kenyamanan, dan keamanan pelayanan. Dalam pelayanan publik hal yang perlu diperhatikan yaitu perilaku pemberi layanan yang berperan dalam terciptanya kepuasan bagi pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perilaku pemberi layanan dengan kepuasan pengguna Mal Pelayanan Publik di Kabupaten Kudus. Menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi kepustakaan. Metode analisis data menggunakan analisis rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat Kabupaten Kudus berpersepsi bahwa perilaku pemberi layanan pada Mal Pelayanan Publik Kabupaten Kudus baik dan masyarakat berpersepsi puas terhadap kinerja pemberi layanan disana. Berdasarkan hasil uji rank spearman 0,241 dan taraf signifikansinya yakni 0,016 hasil koefisien perilaku pemberi layanan mempengaruhi kepuasan pengguna, sehingga semakin baik perilaku pemberi layanan di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Kudus akan meningkatkan kepuasan pengguna jasa pelayanan tersebut.
Keywords
Pelayanan Publik, Perilaku Pemberi Layanan, Kepuasan Pengguna