KUALITAS PELAYANAN PADA DINSOS PPPA KABUPATEN BANJARNEGARA (Analisis Pengaruh Komitmen Organisasi dan Prinsip Good Governance)

Rahmi Kurnia Fitriani, Hartuti Purnaweni, Budi Puspo Priyadi
DOI: 10.14710/jppmr.v13i1.42315

Abstract

Kualitas pelayanan publik pada Dinsos PPPA Kabupaten Banjarnegara dipengaruhi oleh komitmen organisasi dan prinsip-prinsip good governance, namun berdasarkan data yang ditemukan di lapangan masih terdapat beberapa permasalahan pada komitmen organisasi dan prinsip-prinsip good governance. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji pengaruh komitmen organisasi dan prinsip-prinsip good governance terhadap kualitas pelayanan pada Dinsos PPPA Kabupaten Banjarnegara. Populasi penelitian ini adalah masyarakat yang menerima pelayanan di Dinsos PPPA Kabupaten Banjarnegara pada tahun 2023 yang berjumlah 43 orang dan ditentukan menggunakan teknik sampel systematic random sampling yang diambil berdasarkan interval. Alat ukur yang digunakan adalah skala likert. Analisis data menggunakan uji regresi linear berganda dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari komitmen organisasi dan prinsipprinsip good governance terhadap kualitas pelayanan pada Dinsos PPPA Kabupaten Banjarnegara. Uji regresi linear berganda menunjukkan nilai 0,000<0,05 untuk nilai pengaruh komitmen organisasi terhadap kualitas pelayanan, serta 0,000<0,05 untuk nilai pengaruh prinsip-prinsip good governance terhadap kualitas pelayanan. Uji regresi linear berganda dan uji koefisien determinasi menunjukkan nilai 0,000<0,05 dengan sumbangan pengaruh sebesar 56,6% untuk pengaruh komitmen organisasi dan prinsip-prinsip good governance secara simultan terhadap kualitas pelayanan pada Dinsos PPPA Kabupaten Banjarnegara.

Full Text: PDF

Keywords

Komitmen organisasi, prinsip-prinsip good governance, kualitas pelayanan