PENERAPAN E-GOVERNMENT DALAM PELAYANAN PUBLIK MELALUI APLIKASI SI D’NOK (SISTEM INFORMASI DOKUMEN ONLINE KEPENDUDUKAN) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SEMARANG

Nadifa Salsabila, Herbasuki Nurcahyanto, Aufarul Marom
DOI: 10.14710/jppmr.v12i4.41343

Abstract

Aplikasi Si D’nOK merupakan layanan online kependudukan yang diciptakan oleh Disdukcapil Kota Semarang guna memenuhi kebutuhan administrasi kependudukan pada masa pandemi COVID-19. Terdapat beberapa permasalahan antara lain pelayanan Si D’nOK yang tidak tepat waktu karena melebihi standar operasional prosedur, fitur layanan pengaduan kurang lengkap, sistem aplikasi Si D’nOK yang sering error. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penerapan E-Government dalam pelayanan publik melalui aplikasi Si D’nOK dan menganalisis faktor-faktor penghambat dalam penerapan aplikasi. Metode yang digunakan pada penelitia ini yaitu kualitatif deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan aplikasi Si D’nOK di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang sudah memenuhi aspek kemudahan penggunaan dan kepercayaan namun belum memenuhi ketepatan waktu pelayanan, keakuratan layanan, kelengkapan layanan, informasi yang tidak konsisten, dan layanan pengaduan yang diberikan tidak real-time. Aplikasi Si D’nOK juga terhambat oleh masyarakat yang belum sepenuhnya tertarik menggunakan layanan online, adanya perubahan kebijakan pengelolaan database, pemimpin yang kurang melakukan monitoring kinerja karyawan, sistem browser yang tidak merata, dan anggaran yang kurang memadai dalam menjalankan program pojok online sehingga dapat dikatakan bahwa Penerapan E-Government dalam Pelayanan Publik Melalui Aplikasi Si D’nOK belum berjalan secara andal, akuntabel, dan terpercaya.

Full Text: PDF

Keywords

Aplikasi Si D’nOK; E-Government; Pelayanan Publik