INOVASI PELAYANAN KIA SECARA ONLINE MELALUI APLIKASI SI D’NOK DI DISPENDUKCAPIL KOTA SEMARANG

Irfan Rachmat, Dewi Rostyaningsih, Hesti Lestari
DOI: 10.14710/jppmr.v12i3.39933

Abstract

Kartu Identitas Anak (KIA) merupakan instrumen identitas diri anak yang berusia dibawah 17 tahun dan belum menikah yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota. Penelitian ini bertujuan menganalisis inovasi pelayanan KIA melalui SI D’nOK serta faktor pendukung dan penghambatnya. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang menciptakan sebuah inovasi pelayanan kependudukan yaitu SI D’nOK. Inovasi SI D’nOK melingkupi berbagai jenis pelayanan administrasi kependudukan termasuk KIA. Penelitian ini membahas inovasi pelayanan KIA melalui SI D’nOK secara online menggunakan teori atribut inovasi untuk menganalisis fenomena penelitian serta faktor pendukung dan penghambat inovasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pelayanan KIA melalui SI D’nOK memiliki keuntungan relative yaitu tidak membutuhkan biaya, mudah dan hemat waktu, memiliki kesesuaian yaitu sesuai dengan pelayanan terdahulu, sesuai dengan nilai, norma dan kebutuhan masyarakat, memiliki kerumitan yaitu dalam hal menunggah persyaratan, memiliki ketercobaan yaitu adanya pengujian inovasi serta sosialisasi kepada masyarakat dan memiliki keterlihatan yaitu adanya mekanisme pelayanan yang mudah serta meningkatnya tingkat kepemilikan KIA di masyarakat Kota Semarang. Inovasi pelayanan KIA melalui SI D’nOK memliki faktor pendukung antara lain adanya keinginan untuk merubah diri, adanya kebebasan untuk berekspresi dan tersedianya sarana dan prasarana. Namun, terdapat faktor penghambat yaitu proses unggah persyaratan yang berbelit serta kurangnya sosialisasi terkait inovasi yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang.

Full Text: PDF

Keywords

Inovasi Pelayanan, Kartu Identitas Anak, SI D