EFEKTIVITAS PROGRAM AFIRMASI PENDIDIKANMENENGAH (ADEM) PAPUA DAN PAPUA BARAT (STUDI DI SMA KATOLIK PENDOWO MAGELANG)

Dwi Gustiani, Aufarul Marom, Herbasuki Nurcahyanto
DOI: 10.14710/jppmr.v11i3.34863

Abstract

Provinsi Papua dan Papua Barat merupakan salah satu bagian wilayah dari Republik Indonesia yang sampai saat ini masih belum memperoleh akses pendidikan menengah yang baik. Dalam rangka meningkatkan layanan dan akses pendidikan, amanat yang terdapat pada UU 21 Tahun 2001 diwujudkan dalam Program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) Papua dan Papua Barat. Program ADEM Papua dan Papua Barat dilaksanakan sebagai salah satu bentuk pendidikan layanan khusus kepada putra-putri yang berasal dari Papua dan Papua Barat dalam rangka percepatan pembangunan sumber daya manusia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui efektivitas program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) Papua dan Papua Barat di SMA Katolik Pendowo Magelang. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan jenias data berupa kata, kalimat, dan gambar. Subjek penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara dan studi pustaka. Analisis dan interpretasi data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penggunaan teori menurut Budiani dengan kriteria ketepatan sasaran program, sosialisasi program, tujuan program dan pemantauan program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas program ADEM Papua dan Papua Barat di SMA Katolik Pendowo Magelang dalam ketepatan sasaran program belum sepenuhnya berjalan dengan baik, sedangkan sosialisasi program, tujuan program dan pemantauan program sudah berjalan dengan baik. Belum optimalnya efektivitas program ADEM dipengaruhi adanya faktor penghambat yaitu adanya perbedaan budaya dan bahasa. Selain itu sulit terjalinnya komunikasi antara peserta program yang merupakan siswa dari Papua dan Papua Barat dengan siswa lainnya karena kemampuan bahasa Indonesia yang kurang baik, harus beradaptasi dengan makanan pokok yang berbeda dengan di Papua, serta rasa rindu terhadap kampung halaman.

Full Text: PDF

Keywords

Efektivitas, Pendidikan, Afirmasi Pendidikan Menengah