DIFUSI INOVASI PELAYANAN PUBLIK DI RSUD PROF. DR. MARGONO SOEKARJO PURWOKERTO

Vivi Rahma Nur Cahyani, Retno Sunu Astuti, R Slamet Santoso
DOI: 10.14710/jppmr.v11i3.34274

Abstract

Dominasi penghargaan yang di dapat atas keberhasilan dan keberagaman inovasi yang dilakukan oleh rumah sakit Margono, serta pengembangan inovasi yang berkelanjutan dan berkembang ini menjadikan rumah sakit Margono menjadi pelopor inovasi di bidang kesehatan. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pengembangan difusi inovasi pelayanan publik dan faktor pendorong dalam keberlanjutan difusi inovasi pelayanan publik di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto. Metode penelitian menggunakan tipe deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa difusi inovasi telah berjalan cukup baik dan berkelanjutan. Karakteristik inovasi – inovasi yang ada diketahui memiliki keuntungan kepuasan para pengguna inovasi, mudah digunakan, dapat diuji coba dan dapat mengamati hasil dari inovasi tersebut. Saluran komunikasi yang digunakan saluran komunikasi interpersonal dan saluran komunikasi media massa. Tahapan yang dilakukan dalam proses pengembangan difusi inovasi ini adalah tahap persiapan, tahap sosialisasi, tahap implementasi dan tahap reformulasi. Jenis adopter teridentifikasi dalam tipe early adopter dan early majority. Dalam proses pengembangan difusi inovasi juga bekerja sama dengan berbgai pihak baik internal maupun eksternal. Adapaun yang menjadi faktor pendukung adalah budaya organisasi, knowledge of innovation and reinvention, individu, dan external accountability. Disarankan lebih mengoptimalkan pemberian rewards kepada para innovator seperti kenaikan dan promosi jabatan sesuai dengan keahlian dan kualitas para innovator.

Keywords

Difusi Inovasi, Budaya Organisasi, Knowledge of innovation and reinvention, Individu, External Accountability