STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA DI KABUPATEN PATI

Heri Maulana, Endang Larasati Setyaningsih, Dyah Lituhayu
DOI: 10.14710/jppmr.v1i1.328

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari alternatif strategi bagi pengembangan pariwisata di Kabupaten Pati. Proses penelitian ini dimulai dengan medentifikasi dan menganalisis nilai-nilai strategis, lingkungan internal dan eksternal serta faktor-faktor pendukung dan penghambat. Proses selanjutnya yaitu menetapkan isu-isu strategis menggunakan teknik analisis SWOT dan merumuskan strategi pengembangan.
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Peneliti akan menggambarkan tentang keadaan di lapangan dan mengajukan sebuah strategi pengembangan sebagai bahan rekomendasi bagi Pemerintah Daerah. Teknik yang diambil dalam penelitian ini adalah metodologi purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan cara mengambil beberapa obyek wisata, kemudian memasukkan unsur-unsur tertentu sehingga dapat memperoleh informasi yang benar dan mendalam. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Penentuan informan juga diperoleh dengan teknik purposive sampling, seperti wawancara kepada Kepala bidang pariwisata Disbudparpora, staf pengembangan dan staf promosi pariwisata, kemudian stakeholder dan pengunjung obyek wisata.
Strategi pengembangan wisata yang diperoleh dari hasil analisis SWOT yang terbagi dalam 3 tahapan yaitu rencana jangka pendek, menengah dan panjang. Pada rencana jangka pendek diperoleh beberapa strategi pengembangan yaitu: peningkatan kualitas SDM, peningkatan kerjasama dengan investor, pembenahan obyek wisata, peningkatan dan memperbanyak event-event wisata, merintis paguyuban kelompok sadar wisata dan menjalin kerjasama dengan pengusaha kuliner. Pada rencana jangka menengah yaitu: peningkatan fasilitas sarana dan prasarana obyek wisata, peningkatan SDM kepariwisataan, promosi dan pemasaran pariwisata melalui pengembangan jaringan. Pada rencana jangka panjang yaitu: peningkatan kelompok berdasarkan cakupan kewilayahan dan peningkatan kelompok pengembangan pariwisata berdasarkan jenis wisata.

Full Text: Untitled

Keywords

strategi, identifikasi lingkungan, pariwisata.