Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter di SMK Negeri 7 Semarang

Indah Dwi Mawarni, Retna Hanani
DOI: 10.14710/jppmr.v10i3.31184

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis implementasi program pendidikan karakter di SMK Negeri 7 Semarang serta menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pendidikan karakter di SMK Negeri 7 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumen dan studi kepustakaan. Hasil penelitian berupa terdapat implementasi program penguatan pendidikan karakter di SMK Negeri 7 Semarang berupa pembiasaan nilai-nilai karakter berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan karakter Pada Satuan Pendidikan Formal berupa nilai religius, nasionalis, integritas, mandiri, dan gotong royong yang terintegrasi dalam kurikulum di SMK Negeri 7 Semarang. Serta terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi PPK di SMK Negeri 7 Semarang berdasarkan teori Implementasi Kebijakan Grindle berupa Content of Policy (Interest Affected, Type of Benefits, Extent of Change Envision, Site of Decision Making, Program Implementator, Resources Commited) dan Conetxt of Policy (Power, Interest, and Strategy of Actor Involved; Institution and Regime Characteristic; Compliance and Responsiveness) yang berpengaruh positif.

Full Text: PDF

Keywords

Implementasi, Penguatan Pendidikan Karakter, SMK Negeri 7 Semarang 1