PASAR SEMARANGAN TINJOMOYO SEBAGAI BENTUK INOVASI PENGEMBANGAN PARIWISATA HUTAN WISATA TINJOMOYO DI KOTA SEMARANG
Abstract
Pasar Semarangan Tinjomoyo merupakan sebuah inovasi berbentuk pasar kuliner digital untuk mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan Hutan Wisata Tinjomoyo di Kota Semarang. Sebenarnya, Pasar Semarangan Tinjomoyo sebagai sebuah inovasi dapat dikatakan berhasil. Pada tahun 2018, Pasar digital ini berhasil meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan Hutan Wisata Tinjomoyo sebesar 82,25%. Namun pada tahun 2019, Pasar Semarangan Tinjomoyo sepi pengunjung, hingga akhirnya pasar digital tersebut tidak beroperasi kembali. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik Pasar Semarangan Tinjomoyo menggunakan konsep lima atribut inovasi serta mengidentifikasi faktor-faktor penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan ditentukan menggunakan teknik snowball. Data dianalisis menggunakan teknik analisis komponensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pasar Semarangan Tinjomoyo sebagai sebuah inovasi sudah memiliki Keuntungan Relatif dan Kemudahan untuk Diamati, akan tetapi masih belum Kompatibel serta memiliki Kerumitan ketika beroperasi, ditambah Pasar Semarangan Tinjomoyo belum melewati fase uji coba sebelumnya. Faktor penghambatnya adalah ketergantungan pada figur high performer serta tidak adanya anggaran dan perencanan jangka pendek. Saran yang dapat disampaikan adalah perlu adanya opsi pembayaran digital lain di Pasar Semarangan Tinjomoyo, membuat perencanaan dan anggaran khusus bagi Pasar Semarangan Tinjomoyo, serta membentuk tim khusus bagi pengembangan Pasar Semarangan Tinjomoyo.
Keywords
Inovasi, Pengembangan, Pariwisata, Pasar digital