KARAKTERISTIK INOVASI E-SERVICE PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SEMARANG (STUDI KASUS PELAYANAN AKTA KELAHIRAN DAN AKTA KEMATIAN)

Ritza Maharani Alfrida, Retno Sunu Astuti
DOI: 10.14710/jppmr.v8i4.24996

Abstract

Pemerintah sebagai penyelenggara pelayanan publik dituntut untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dengan baik. salah satu cara pemerintah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik adalah dengan menciptakan sebuah inovasi. Dalam upaya peningkatan pelayanan publik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang menciptakan sebuah inovasi E-Service untuk memberikan kemudahan pelayanan pembuatan akta kelahiran dan akta kematian namun inovasi tersebut belum di respon masyarakat. Penelitian ini menggunakan teori karakteristik inovasi milik Rogers untuk menganalisis pelaksanaan inovasi E-Service, teori faktor pendorong milik Everett M. Rogers dan teori faktor penghambat milik Borins dan Drucker. Hasil penelitian menunjukan bahwa inovasi E-Service memiliki keuntungan relatif, kesesuaian, kerumitan, kemungkinan untuk dicoba dan kemudahan untuk diamati. Inovasi E-Service memiliki faktor pendorong yaitu dorongan untuk berubah dan tersedianya sarana dan prasarana namun terdapat faktor penghambat yang bersal dari masyarakat sebagai pengguna inovasi.

Full Text: PDF

Keywords

Inovasi, Pelayanan Publik, E-Service