MANAJEMEN PERPARKIR DI UNIVERSITAS DIPONEGORO

Surung Oliper Ambarita, Tri Yuniningsih.
DOI: 10.14710/jppmr.v8i4.24995

Abstract

Keamanan parkir di kampus Universitas Diponegoro masih mengkawatirkan kejadian seperti ini bisa terjadi karena sistem pengelolaan parkir diatur oleh fakultas masing-masing. Desain penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan tipe penelitian deskriptif analitis. Manajemen dalam penelitian ini dilihat menggunakan model manajemen milik George R. Terry yaitu Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling. Hasil penelitian menunjukan manajemen perparkiran di Universitas Diponegoro masih kurang baik dari segi perencanaan, organisasi, pelaksanaan serta pengawasannya. Hal tersebut tergantung dengan siapa pengelolanya karena jika pengelola mampu mengarahkan karyawannya maka manajemen perparkiran di Universitas Diponegoro akan cukup baik. Faktor penghambat pengelolaan parkir di Universitas Diponegoro antara lain tidak ada paying hukum yang jelas. Kurangnya sumber daya manusia di tempat parkir yang dikelola FPIK Universitas Diponegoro. Kurangnya partisipasi dari pengguna parkir karena terkadang masih ada yang meninggalkan barang di kendaraannya, kurangnya biaya dalam merealisasikan rencana penyelenggaraan parkir bagi FPIK karena kurangnya biaya menyebabkan pengelola sulit untu membeli rambu-rambu bagi pengguna parkir. Pihak-pihak yang terlibat dalam pengelolaan perparkiran di Universitas Diponegoro Semarang adalah PT. Sentury Park Indonesia, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), PT. Etos Nasional, petugas parkir, dan pihak Universitas Diponegoro Semarang

Full Text: PDF

Keywords

Manajemen, Perparkiran, Universitas Diponegoro.