ANALISIS KINERJA ORGANISASI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA CANDISARI KOTA SEMARANG

Selvia Anis Saputri, Retno Sunu Astuti
DOI: 10.14710/jppmr.v8i4.24954

Abstract

Pajak merupakan sumber pendapatan negara yang sangat penting. Untuk meningkatkan pendapatan negara, pemerintah melakukan reformasi birokrasi perpajakan dengan menggunakan self assessement system. Namun pada kenyataannya sejak dikeluarkannya sistem baru tersebut, kenaikan pendapatan negara melalui pajak tidak signifikan. Kenaikan pajak yang tidak signifikan tersebut juga terjadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Candisari Kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisi faktor penghambar kinerja di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Candisari Kota Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalaj kualitatif deskriptif. Indikator penelitian ini adalah produktivitas penerimaan pajak dan Wajib Pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Candisari Kota Semarang. Hasil penelitian menunjukan kinerja penerimaan pajak masih rendah yaitu belum tercapainya target dan hanya sebesar 5% dari total keseluruhan Wajib Pajak yang membayar. Faktor yang menjadi penghambat dalam kinerja adalah belum siapnya masayrakay terhadap penerapan IT dalam perpajakan dan tingkat kesadaran Wajib Pajak yang masih rendah. Rekomendasi yangdiberikan adalah memaksimalkan sosislaisasi terhadap masyarakat akan pentingnya membayar pajak dan menyadarkan kewajiban sebagai Warga Negara taat pajak.

Full Text: PDF

Keywords

wajib pajak, produktivitas, kinerja