HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI DENGAN KINERJA PEGAWAI BIRO TATA PEMERINTAHAN SEKRETARIAT DAERAH PROVINSI JAWA TENGAH

Lendy Shandika Adyasa, Herbasuki Nurcahyanto, Ari Subowo
DOI: 10.14710/jppmr.v2i1.1611

Abstract

Di setiap Organisasi manapun di dunia ini, manusia memegang peranan yang sangat penting terhadap perkembangan maupun kehancuran organisasi. Sehingga dapat dikatakan bahwa manusia merupakan motor penggerak Organisasi dalam menuntun ke arah tercapainya tujuan Organisasi. Hasil kerja atau Kinerja yang belum optimal yang mendasari dilakukannya penelitian ini,. Kinerja pegawai juga di pengaruhi oleh gaya kepemimpinan yang sesuai dengan tingkat kematangan setiap pegawai serta motivasi yang baik yang akan menuntun kearah tujuan Organisasi yang harus dicapai. Agar kinerja yang di dapatkan dalam bekerja menjadi maksimal.
Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis data kuantitatif. populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 47 responden yang merupakan pegawai Biro Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah. Analisis data digunakan adalah Uji Korelasi dan Konkordasi Kendall.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pegawai Biro Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah Tidak Baik/Rendah yaitu sebesar 36.2%. Besarnya pengaruh Gaya Kepemimpinan (X1) terhadap Kinerja (Y) sebesar 16.81%, besarnya pengaruh Motivasi (X2) terhadap Kinerja (Y) sebesar 7.56%, dan Kinerja (Y) yang dipegaruhi Gaya Kepemimpinan (X1) dan Motivasi (X2) secara bersamaan sebesar 51.55%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai.

Full Text: Untitled

Keywords

Kinerja; Gaya Kepemimpinan; Motivasi

Refbacks

  • There are currently no refbacks.