ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA PEGAWAI PADA BADAN LINGKUNGAN HIDUP PROVINSI JAWA TENGAH

Nur Khasanah, Susi Sulandari, Aloysius Rengga
DOI: 10.14710/jppmr.v2i1.1600

Abstract

Salah satu fungsi pemerintah adalah sebagai pemberi pelayanan. Badan Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Tengah sebagai instansi yang menyelenggarakan pelayanan publik dalam lingkup pelestarian lingkungan hidup. perlu meningkatkan kinerja pegawai dan harus mengutamakan kepentingan publik. Oleh karena itu, untuk menunjang kinerja yang optimal maka instansi perlu meningkatkan motivasi dan disiplin kerja pegawai agar visi dan misi organisasi berhasil diwujudkan.
Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian asosiatif. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 68 responden dengan pemilihan teknik Simple Random Sampling. Analisis data menggunakan metode kuantitatif. Pengujian hipotesis menggunakan rumus Koefisien Korelasi Rank Kendall dan rumus Koefisien Konkordansi Kendall.
Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji korelasi antara variabel Motivasi (X1) dengan variabel Kinerja Pegawai (Y) menunjukkan korelasi yang kuat yaitu dengan nilai sebesar 0,660, disimpulkan bahwa semakin motivasi ditingkatkan maka kinerja akan semakin meningkat, kemudian uji korelasi antara variabel Disiplin Kerja (X2) dengan variabel Kinerja Pegawai (Y) terdapat korelasi yang kuat yaitu dengan nilai sebesar 0,552 yang artinya semakin disiplin ditingkatkan maka kinerja akan semakin meningkat pula. Dengan demikian hipotesisnya diterima, bahwa variabel bebas berpengaruh secara bersamaan terhadap variabel terikat.

Full Text: Untitled

Keywords

Kinerja Pegawai ; Motivasi Kerja ; Disiplin Kerja