ANALISIS KINERJA PEGAWAI (STUDI KASUS SERTIFIKASI DI BIDANG PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DINAS PENDIDIKAN KOTA SEMARANG)

Dio Baskoro Dwi Hutomo, Dyah Hariani
DOI: 10.14710/jppmr.v5i4.13616

Abstract

Penelitian ini disusun untuk menganalisis dan mendeskripsikan kinerja pegawai dalam studi kasus sertifikasi guru di Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Kota Semarang menggunakan indikator penilaian kinerja pegawai, serta faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan.Informan yang diambil oleh peneliti adalah kepala bidang, kepala seksi bidang, dan pegawai di Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Kota Semarang. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan indikator kinerja pegawai dari John Miner. Indikator kuantitas belum baik terkendala oleh kurangnya jumlah SDM dan kewajiban lain di luar kantor. Penggunaan waktu belum baik, pegawai belum dapat menggunakan waktu kerjanya dengan efektif. Peneliti juga menganalisis faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai dari Sedarmayanti. Kemampuan pegawai belum optimal, pengetahuan dan keterampilan kerja pegawai masih kurang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, kinerja pegawai di Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Kota Semarang dalam mendorong terwujudnya pendidikan yang berkualitas dan berbudaya di Kota Semarang sudah optimal di dukung oleh program yang kegiatan-kegiatannya telah terjadwal, adanya diklat dan bintek untuk meningkatkan kualitas pegawai

Full Text: PDF

Keywords

Kinerja, Kuantitas, Kualitas, Ketepatan Waktu, Kerjasama Antar Pegawai