Perbandingan Kualitas Pelayanan Publik Pada Puskesmas Ungaran dan Puskesmas Leyangan di Kabupaten Semarang

Bregas B.A
DOI: 10.14710/jppmr.v1i3.1324

Abstract

Pembangunan merupakan sebuah pekerjaan yang harus dilakukan secara berkelanjutan dan berkesinambungan. Selain itu, pembangunan yang dilakukan juga harus merupakan sesuatu yang komprehensif dan menyeluruh. Tidak saja pembangunan yang bersifat fisik, namun juga non fisik.
Dalam Undang-undang No. 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional disebutkan bahwa, Pembangunan Nasional adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen bangsa dalam rangka mencapai tujuan bernegara. Sedangkan yang dimaksud dengan pelaku pembangunan adalah Pemerintah Pusat , Propinsi, Kabupaten, dan Kota, Dunia usaha, dan Masyarakat. Komponen masyarakat terkecil adalah keluarga.
Pembangunan ini dilaksanakan di semua aspek kehidupan negara tidak terkecuali dalam bidang kesehatan. Dalam melakukan sebuah pembangunan secara umum, akan sangat sulit dicapai apabila kita tidak terlebih dahulu membangun kualitas sumber daya manusianya. Sebab, manusia merupakan sumber daya utama sekaligus pelaku pembangunan itu sendiri. Apabila sumber daya manusia yang ada tidak berkualitas, maka pembangunan yang dilakukan tidak sempurna.

Full Text: Untitled