BibTex Citation Data :
@article{JPPMR1309, author = {Hesti Agustini and Zaenal Hidayat and Retna Hanani}, title = {STUDI KUALITAS PELAYANAN KERETA API TAWANG JAYA KELAS EKONOMI DAOP IV SEMARANG}, journal = {Journal of Public Policy and Management Review}, volume = {1}, number = {2}, year = {2012}, keywords = {Kualitas Pelayanan ; kemampuan pegawai ; kultur Organisasi}, abstract = {Adanya suatu perbaikan kualitas pelayanan pada PT.KAI DAOP IV Semarang dikarenakan adanya perubahan pada struktur dan budaya perusahaan dan mendorong perubahan kualitas pelayanan kereta api, maka yang menjadi latar belakang penelitian ini lebih condong kemana arah kualitas pelayanan Kereta Api Tawang Jaya Kelas Ekonomi ini. Kultur organisasi dibuat sebagai nilai-nilai yang dijadikan pedoman atau pandangan pegawai ataupun petugas pelayanan dalam melayani penumpang. Kultur organisasi harusnya dapat didalami dan dipahami oleh para petugas kereta api sehingga petugas dapat memberikan pelayanan yang prima untuk penumpang kereta api Tawang jaya kelas ekonomi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara variabel kemampuan pegawai dan kultur organisasi terhadap kualitas pelayanan kereta api tawang jaya kelas ekonomi. Teori yang digunakan adalah model manajemen pelayanan, teori segitiga keseimbangan kualitas pelayanan Morgan dan Morgantroyd, dan teori momen kritis pelayanan Albert dan Bradford. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian eksplanotori dengan sampel sebanyak 89 responden. Pengujian hipotesis menggunakan rumus Korelasi Rank Kendall dan Konkordensi Kendall. Hasil penelitian ini menunjukan adanya korelasi atau hubungan dan signifikan antara kemampuan pegawai dengan kualitas pelayanan yang diperoleh dari perhitungan Z hitung > Z tabel atau 8,13 > 1,645 untuk tarif signifikansi 5% sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Terdapat korelasi atau hubungan signifikan antara kultur organisasi dengan kualitas pelayanan yang diperoleh dari perhitungan Z hitung > Z tabel atau 7,31 > 1,645untuk tarif signifikansi 5% sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Adanya korelasi atau hubungan positif dan signifikan antara kemampuan pegawai dan kultur organisasi dengan kualitas pelayanan yang diperoleh dari hasil X2o >X2t atau 155,456 > 122,942 untuk taraf signifikansi 5%. Berdasarkan penelitian dapat diketahui bahwa kemampuan pegawai dan kultur organisasi mempunyai hubungan dengan kualitas pelayanan Kereta Api tawang Jaya Kelas Ekonomi PT.KAI DAOP IV Semarang. Diketahui pula dari hasil penelitian bahwa kualitas pelayanan kereta api Tawang jaya kelas Ekonomi masuk dalam kategori baik.}, pages = {181--190} doi = {10.14710/jppmr.v1i2.1309}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jppmr/article/view/1309} }
Refworks Citation Data :
Article Metrics:
Last update:
Jl. dr. Antonius Suroyo, Universitas Diponegoro, Tembalang Campus, Semarang City, Central Java, Indonesia. Postal Code 50275