STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA KABUPATEN SEMARANG
Abstract
Pariwisata saat ini menjadi kebutuhan masyarakat dan juga menjadi andalan pemerintah Indonesia untuk memperoleh devisa non migas. Salah satu pariwisata di daerah Jawa Tengah adalah di Kabupaten Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang telah dilakukan oleh Dinas Pemuda, Olah Raga, dan Pariwisata Kabupaten Semarang untuk mengembangkan pariwisata dan untuk mengetahui strategi apa yang dapat digunakan untuk mengembangkan pariwisata Kabupaten Semarang. Di dalam penelitian ini akan dilakukan analisis lingkungan internal dan eksternal . Hasil analisis bertujuan untuk menemukan faktor-faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi oleh Disporapar dalam mengembangkan pariwisata Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk mengumpulkan informasi dari narasumber yang terkait pengembangan pariwisata Kabupaten Semarang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pariwisata Kabupaten Semarang memiliki beberapa faktor pendukung misalnya obyek wisata yang beragam dan terus bertambah, lingkungan ekonomi, politik dan sosial budaya yang kondusif, kemampuan SDM yang mumpuni dan lain-lain. Di sisi lain pengembangan pariwisata Kabupaten Semarang juga mempunyai faktor yang menjadi penghambat diantaranya adalah sektor industri yang belum mendukung pariwisata, penyediaan informasi yang belum maksimal, penggunaan teknologi yang belum maksimal, kurangnya anggaran, kurangnya jumlah SDM, dan lain-lain. Menganalisis strategi yang telah dilakukan dan merumuskan beberapa strategi yang dapat direkomendasikan dengan menganalisis lingkungan internal dan ekstenal sangat penting untuk mengembangkan pariwisata Kabupaten Semarang. Strategi yang direkomendasikan diharapkan dapat membantu pemerintah daerah khususnya Disporapar untuk mengembangkan pariwisata Kabupaten Semarang.
Keywords
Strategi, Pengembangan Pariwisata, Faktor Pendukung dan Penghambat, Pariwisata Kab. Semarang