skip to main content

Struktur Dan Komposisi Vegetasi Mangrove Alami Di Kawasan Ekowisata Taman Hutan Raya Ngurah Rai, Bali

*Andreas Ricky Hermawan  -  , Indonesia
Rudhi Pribadi  -  , Indonesia
Raden Ario  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Taman Hutan Raya Ngurah Rai merupakan kawasan hutan mangrove yang berada di Bali dan termasuk kawasan rehabilitasi namun memiliki vegetasi alami yang cukup luas. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji komposisi dan struktur vegetasi mangrove alami di Kawasan Ekowisata Taman Hutan Raya Ngurah Rai, Bali.

Penelitian dilakukan di 5 stasiun dengan metode purposive sampling dan setiap transek dibuat plot sampling. Setiap inividu pohon (plot 10 x 10 m) dan sapling (plot 5 x 5 m) diidentifikasi serta diukur diameter serta tinggi, seedling (plot 1 x 1 m) dihitung jumlah spesies serta persentase penutupannya.

Hasil penelitian di Kawasan Ekowisata Taman Hutan Raya Ngurah Rai ditemukan 6 spesies berada didalam plot dimana 5 spesies komponen mayor dan 1 spesies komponen minor. Rhizophora mucronata merupakan spesies yang mendominasi lokasi penelitian kategori pohon, sapling dan seedling. Indeks Nilai Penting (INP) kategori pohon berkisar 112% - 152 %. Indeks Keanekaragaman (H’) dan Indeks Keseragaman (J’) pada lokasi penelitian termasuk dalam kategori rendah.
Fulltext View|Download
Keywords: Mangrove, Struktur, Komposisi

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.