STRUKTUR DAN KOMPOSISI VEGETASI MANGROVE DI TRACKING MANGROVE KEMUJAN KEPULAUAN KARIMUNJAWA

*Cahyadi Adhe Kurniawan  -  , Indonesia
Rudhi Pribadi  -  , Indonesia
Nirwani Nirwani  -  , Indonesia
Received: 26 Aug 2014; Published: 29 Aug 2014.
Open Access
Citation Format:
Abstract

Komunitas mangrove menempati area diantara darat dan laut yang memiliki kondisi lingkungan berbeda satu sama lain. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji struktur dan komposisi vegetasi mangrove di Tracking Mangrove Kemujan Kepulauan Karimunjawa. Penelitian di Tracking Mangrove Kemujan dilakukan di 8 stasiun yang dibagi menjadi 3 lokasi, yaitu Lokasi 1 dekat daratan (Stasiun 1 dan Stasiun 8), Lokasi 2 daerah peralihan (Stasiun 2, Stasiun 3, Stasiun 6 dan Stasiun 7)  dan Lokasi 3 dekat laut (Stasiun 4 dan Stasiun 5).

Pengambilan data vegetasi dilakukan dengan metode purposive sampling dan setiap stasiun dibuat plot sampling. Setiap individu pohon (plot 10 m x 10 m) dan anakan (subplot 5 m x 5 m) diidentifikasi dan diukur diameternya setinggi dada (±1,3 m). Sementara semai dihitung jumlah masing-masing spesies dan persentase penutupannya (subplot 1 m x 1 m). Hasil penelitian di Tracking Mangrove Kemujan ditemukan 17 jenis mangrove.

Secara umum vegetasi pohon mangrove di lokasi penelitian memiliki rata – rata kerapatan 2127 ind/ha yang didominansi Ceriops tagal. Kategori anakan memiliki rata – rata kerapatan 4499 ind/ha, dimana jenis Ceriops tagal mendominansi pada Stasiun 2, 3, 6, 7 dan 8, jenis Lumnitzera racemosa mendominansi pada Stasiun 1, jenis Rhizophora mucronata mendominansi pada Stasiun 4, dan jenis Rhizophora apiculata mendominansi Stasiun 5. Kategori semai, memiliki rata – rata kerapatan 128.333 ind/ha, dimana pada hampir semua stasiun didominansi oleh jenis Ceriops tagal, yang meliputi Stasiun 1, 2, 3, 7 dan 8, sedangkan pada Stasiun 4, 5 dan 6 didominansi oleh jenis Rhizophora stylosa dan Rhizophora apiculata. Indeks Keanekaragaman (H’) dan Keseragaman (J’) mangrove di Tracking Mangrove Kemujan Kepulauan Karimunjawa, termasuk dalam kategori rendah
Keywords: Mangrove, Kerapatan, Indeks Keanekaragaman (H’) dan Keseragaman (J’)

Article Metrics: