BibTex Citation Data :
@article{JMR29671, author = {Aninditya Gita Kireina Persada and Lazarus Tri Setyawanta}, title = {Perubahan Jalur Pelayaran Terhadap Peta Perekonomian Asia Tenggara Dampak Pembangunan Terusan Kra Thailand}, journal = {Journal of Marine Research}, volume = {10}, number = {1}, year = {2021}, keywords = {Terusan Kra; Asia Tenggara; Dampak; Perubahan Jalur Pelayaran}, abstract = { Terusan Kra merupakan kanal yang telah direncanakan pembangunannya oleh Thailand sejak abad ke-17. Dengan dibangunnya terusan Kra yang dimungkinkan berhasil memberi efisiensi terhadap penyingkatan waktu pelayaran di daerah Asia Pasifik tentu akan memberi dampak kerugian yang signifikan pada terusan Malaka yang telah terlebih dahulu dibuat. Dampak pembangunan tersebut akan mempengaruhi perubahan jalur pelayaran serta merubah peta perekonomian Asia Tenggara secara makro. Tujuan dari tulisan ini ada untuk mengetahui dampak dan perubahan signifikan terhadap pembangunan terusan Kra di masa depan. Metode yang digunakan merupakan pendekatan yuridis normatif yang menggunakan data sekunder melalui penelitian kepustakaan dan studi dokumen. Adanya terusan Kra akan merubah neraca ekspor dan impor secara signifikan serta akan memberikan perubahan besar ke beberapa negara-negara di Asia Pasifik. Hingga saat ini mulai banyak negara-negara di Asia Tenggara yang mulai merencanakan dan membangun kawasan pantainya agar dapat bersaing saat nantinya Terusan Kra dibuka. The Kra Canal is a canal that Thailand has planned to build since the 17th century. With the construction of the Kra canal, which is possible to provide efficiency in reducing shipping time in the Asia Pacific region, it will certainly have a significant impact on the Malacca canal that was previously built. This development impact will affect changes in shipping lanes and change the economic map of Southeast Asia at a macro level. The purpose of this paper is to determine the impact and significant changes to the development of the Kra canal in the future. The method used is a normative juridical approach that uses secondary data through library research and document study. The existence of the Kra canal will change the export and import balance significantly and will provide big changes for several countries in Asia Pacific. Until now, many countries in Southeast Asia have started planning and building their coastal areas so that they can compete when the Kra Canal opens. }, issn = {2407-7690}, pages = {131--137} doi = {10.14710/jmr.v10i1.29671}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jmr/article/view/29671} }
Refworks Citation Data :
Terusan Kra merupakan kanal yang telah direncanakan pembangunannya oleh Thailand sejak abad ke-17. Dengan dibangunnya terusan Kra yang dimungkinkan berhasil memberi efisiensi terhadap penyingkatan waktu pelayaran di daerah Asia Pasifik tentu akan memberi dampak kerugian yang signifikan pada terusan Malaka yang telah terlebih dahulu dibuat. Dampak pembangunan tersebut akan mempengaruhi perubahan jalur pelayaran serta merubah peta perekonomian Asia Tenggara secara makro. Tujuan dari tulisan ini ada untuk mengetahui dampak dan perubahan signifikan terhadap pembangunan terusan Kra di masa depan. Metode yang digunakan merupakan pendekatan yuridis normatif yang menggunakan data sekunder melalui penelitian kepustakaan dan studi dokumen. Adanya terusan Kra akan merubah neraca ekspor dan impor secara signifikan serta akan memberikan perubahan besar ke beberapa negara-negara di Asia Pasifik. Hingga saat ini mulai banyak negara-negara di Asia Tenggara yang mulai merencanakan dan membangun kawasan pantainya agar dapat bersaing saat nantinya Terusan Kra dibuka.
The Kra Canal is a canal that Thailand has planned to build since the 17th century. With the construction of the Kra canal, which is possible to provide efficiency in reducing shipping time in the Asia Pacific region, it will certainly have a significant impact on the Malacca canal that was previously built. This development impact will affect changes in shipping lanes and change the economic map of Southeast Asia at a macro level. The purpose of this paper is to determine the impact and significant changes to the development of the Kra canal in the future. The method used is a normative juridical approach that uses secondary data through library research and document study. The existence of the Kra canal will change the export and import balance significantly and will provide big changes for several countries in Asia Pacific. Until now, many countries in Southeast Asia have started planning and building their coastal areas so that they can compete when the Kra Canal opens.
Article Metrics:
Last update: