skip to main content

Struktur Komunitas Gastropoda Di Tracking Mangrove Kemujan, Taman Nasional Karimunjawa

*Syaiful Imam  -  , Indonesia
Adi Santoso  -  , Indonesia
Rudhi Pribadi  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Taman Nasional Karimunjawa merupakan kawasan pelestarian alam dengan tingkat keanekaragaman hayati yang tinggi. Ekosistem mangrove Taman Nasional Karimunjawa yang sebelumnya kawasan perlindungan tertutup akan dijadikan kawasan terbuka untuk ekowisata dengan membangun Tracking Mangrove. Keberadaan Tracking Mangrove diduga akan berpengaruh terhadap kondisi ekologis gastropoda, sehingga perlu dilakukan pengkajian di lokasi ini  agar datanya dapat dijadikan baseline untuk memonitoring kondisi lingkungan yang akan dijadikan kawasan ekowisata mangrove.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui data struktur komunitas gastropoda di Tracking Mangrove Kemujan, Taman Nasional Karimunjawa, Jepara. Penelitian di Tracking Mangrove Kemujan dilakukan di 8 stasiun. Penentuan lokasi sampling dengan metode purposive sampling method dan pengambilan sampel menggunakan metode kualitatif pada transek 5 m x 5 m.

Hasil penelitian ditemukan 8 spesies gastropoda dari 5 famili. Jenis yang paling mendominasi adalah Cerithidea cingulata cingulata. Rata-rata kelimpahan gastropoda pada seluruh stasiun berkisar (55–179 ind/25 m2). Indeks Keseragaman (e) termasuk dalam kategori tinggi (0,65–093). Indeks Dominansi (C) menunjukkan tidak adanya dominansi dari jenis tertentu secara umum (0,07–0,80). Pola Sebaran di lokasi penelitian menunjukkan pola sebaran mengelompok (100 %) dan Indeks Kesamaan Komunitas antar stasiun penelitian berkisar (50 %–100 %) yang termasuk dalam kategori sedang – sangat tinggi

Fulltext View|Download
Keywords: Mangrove, Gastropoda, Struktur Komunitas

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.