Struktur Komunitas Fitoplankton Pada Daerah Pertambakan Di Desa Mangunharjo Kecamatan Tugu Kota Semarang

*Susilo Dwi Cahyanti  -  , Indonesia
Hadi Endrawati  -  , Indonesia
Endang Supriyantini  -  , Indonesia
Published: 28 Oct 2014.
Open Access
Citation Format:
Abstract

Kerusakan vegetasi mangrove disekitar pantai di desa Mangunharjo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang karena adanya limbah rumah tangga dan abrasi pantai di daerah pantai utara Pulau Jawa. Kerusakan ini menyebabkan perubahan kondisi lingkungan yang diperkirakan berdampak pada struktur komunitas fitoplankton di kawasan tersebut.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mengidentifikasi, dan menentukan indeks struktur komunitas fitoplankton di desa Mangunharjo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang.

Sampel fitoplankton sebanyak 36 botol diambil pada bulan Oktober – November 2012. Pengambilan sampel dilaksanakan di lapangan dengan mengambil sampel air. Pengumpulan data dilaksanakan di laboratorium dengan mengidentifikasi genus fitoplankton yang ditemukan dan menghitung jumlahnya.

Data yang telah diidentifikasi menunjukkan sejumlah 26 genus fitoplankton telah ditemukan. Hasil yang telah didapatkan dari semua perhitungan indeks kelimpahan bernilai 1392.096 sel/l dengan indeks keanekaragaman termasuk kategori sedang, indeks keseragaman tinggi serta tidak ada spesies yang mendominasi
Keywords: Fitoplankton, Struktur Komunitas, Pertambakan

Article Metrics: