Peranan Yayasan Setara dalam Membina dan Melindungi Anak Jalanan Kota Semarang, 1993-2012”.

evi kriatiana

Abstract


Penelitian ini berjudul “ Peranan Yayasan Setara dalam Membina dan Melindungi Anak Jalanan Kota Semarang, 1993-2012”. Adapun permasalahan yang dianalisis dalam penelitian ini adalah apa yang menyebabkan anak menjadi anak jalanan, kemudian bagaimana peran Yayasan Setara dalam membina dan melindungi anak jalanan, serta apa yang menjadi kendala bagi Yayasan Setara dalam melaksanakan kegiatannnya.

Penulisan penelitian ini menggunakan metode sejarah kritis yang mencakup empat langkah yaitu pengumpulan sumber primer dan sekunder, kritik sumber yang terdiri dari kritik eksteren dan kritik interen agar sumber memiliki otentisitas dan kredibilitas. Intepretasi terhadap fakta yang ada dan terakhir penulisan kembali peristiwa sejarah. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sejarah dan sosiologi. Pendekatan tersebut digunakan untuk menjelaskan perkembangan Yayasan Setara dengan memperhatikan unsur waktu, tempat, latar belakang dan pelaku, selain itu juga untuk menjelaskan peranan yang diberikan Yayasan Setara terhadap kehidupan anak jalanan kota Semarang beserta interaksi yang terjadi di dalamnya.

Yayasan Setara terbentuk bermula dari inisiatif seorang pekerja sosial yang melakukan pelayanan terhadap anak jalanan secara personal pada Oktober 1993. Ia mengawali kegiatannya dengan melakukan analisis situasi terhadap persoalan anak jalanan yang ditindaklanjuti dengan penyelenggaraan berbagai kegiatan yang dikonsentrasikan di kawasan pasar Johar yang merupakan pusat berkumpulnya anak jalanan pada masa itu. Yayasan Setara dalam perkembangannya mengalami pergantian nama mulai dari KAJS, SEPATUMU pada tahun 1995, PAJS pada tahun 1996 hingga pada tahun 1999 menjadi Yayasan Setara.se


Keywords


yayasan setara, setara, anak, anak jalanan

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Jurnal Sejarah oleh http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/history disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats