ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA PERUSAHAAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PARTIAL LEAST SQUARE (Studi Kasus pada PT. Telkom Indonesia Divisi Regional Jawa Tengah-DIY dan Wilayah Telekomunikasi Semarang)

Endah Cahyaningrum, Abdul Hoyyi, Moch. Abdul Mukid

Abstract


Persaingan dalam pasar global membawa banyak perubahan yang cukup dinamis pada semua aspek di suatu perusahaan. Hal ini menimbulkan trend baru dimana perusahaan yang berkelanjutan bergantung pada kemampuan perusahaan dalam merespon perubahan-perubahan yang ada secara efektif. Adanya sejumlah keunikan yang menjadi karakteristik sebuah perusahaan dan tidak dimiliki perusahaan lain dapat menciptakan faktor-faktor yang dapat meningkatkan suatu kinerja perusahaan. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja perusahaan pada PT. Telkom Indonesia diungkapkan secara komprehensif dengan persamaan struktural berbasis komponen, Partial Least Square (PLS). PLS merupakan metode analisis yang tidak didasarkan pada banyak asumsi. Pada PLS tidak diperlukan asumsi normal multivariat, dapat menggunakan skala pengukuran nominal, ordinal, interval dan rasio serta ukuran sampel tidak harus besar. PLS mengestimasi model hubungan antar variabel laten dan variabel laten dengan indikatornya. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa kinerja perusahaan dipengaruhi oleh kinerja manajerial, keunggulan bersaing, Total Quality Management, kompensasi, sistem pengukuran kinerja dan budaya kualitas namun angkanya relatif kecil.

 

Kata kunci : Partial Least Square, kinerja perusahaan


Keywords


Partial Least Square, kinerja perusahaan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Jurnal Gaussian by Departemen Statistika Undip is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter