skip to main content

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP POLA ASUH ORANG TUA OTORITER DENGAN AGRESIVITAS PADA REMAJA

Published: 22 Oct 2014.

Citation Format:
Abstract
Persepsi pola asuh otoriter adalah enginteprestasian, pemberian makna terhadap cara pengasuhan anak yang di berikan oleh orang tua yang memiliki aturan-aturan ketat untuk diberikan kepada anaknya. Agresivitas adalah keinginan yang relatif melekat uuntuk menjadi agresif dalam berbagai situasi yang berbeda dengan tujuan menyerang orang lain atau objek lain dan dilakukan secara sengaja untuk menyakiti baik secara fisik maupun verbal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap pola asuh orang tua otoriter dengan agresivitas remaja.
Populasi dalam penelitian ini adalah 366 siswa dan jumlah sampel penelitian 188 siswa. Penentuan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan Skala Persepsi terhadap Pola Asuh Orang Tua Otoriter terdiri dari 33 aitem (α = 0,94) dan Skala Agresivitas terdiri dari 37 aitem (α = 0,94).
Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara persepsi terhadap pola asuh orang tua otoriter dengan agresivitas pada remaja yang ditunjukkan oleh angka korelasi rxy = 0,32 dengan p= 0,000 (p<0,05) sehingga hipotesis yang menyatakan ada hubungan positif antara persepsi terhadap pola asuh orangtua otoriter dengan agresivitas pada remaja dapat diterima. Semakin tinggi persepsi terhadap pola asuh orangtua otoriter maka akan semakin tinggi agresivitas pada remaja, sebaliknya semakin rendah persepsi terhadap pola asuh orangtua otoriter maka akan semakin rendah agresivitas pada Remaja. Sumbangan efektif persepsi terhadap pola asuh orangtua otoriter dengan agresivitas pada remaja sebesar 9,8% sedangkan 90,2% dipengaruhi faktor lain.
Fulltext View|Download
Keywords: Persepsi, pola asuh orang tua otoriter, agresivitas, remaja

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.