skip to main content

HUBUNGAN ANTARA KEBUTUHAN AFILIASI DENGAN KESEPIAN PADA REMAJA DI PANTI ASUHAN PUTRI AISYIYAH DAN PUTRA MUHAMMADIYAH TUNTANG DAN SALATIGA

Published: 22 Oct 2014.

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebutuhan afiliasi dengan kesepian pada remaja di Panti Asuhan Putri Aisyiyah dan Putra Muhammadiyah Tuntang dan Salatiga. Subjek penelitian ini adalah anak asuh di Panti Asuhan Putri Aisyiyah dan Putra Muhammadiyah cabang Tuntang dan cabang Salatiga yang berada pada rentang usia 12-21tahun dengan sampel penelitian sebanyak 69 orang remaja. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Pengambilan data menggunakan dua skala psikologi, yaitu skala kebutuhan afiliasi dan skala kesepian. Metode analisis data yang digunaka adalah analisis regresi sederhana.
Hasil analisis data menunjukkan nilai rxy= -0,670 dan F=54,662 dengan p=0,000 (p<0,05) serta persamaan regresi Y = 137,285 – 0,741x, yang berarti terdapat hubungan negatif antara kebutuhan afiliasi dengan kesepian pada remaja di Panti Asuhan Putri Aisyiyah dan Putra Muhammadiyah Tuntang dan Salatiga. Sumbangan efektif variabel kebutuhan afiliasi terhadap kesepian adalah sebesar 44,9%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kesepian sebesar 44,9% ditentukan oleh kebutuhan afiliasi, sedangkan sisannya sebesar 55,1% dijelaskan oleh faktor-faktor lain.
Fulltext View|Download
Keywords: kebutuhan afiliasi, kesepian, remaja panti asuhan

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.