skip to main content

HUBUNGAN ANTARA PERAN GENDER DENGAN INTENSI MELAKUKAN KEKERASAN DALAM PACARAN PADA MAHASISWA STRATA-1 FAKULTAS TEKNIK DI UNIVERSITAS DIPONEGORO

Published: 22 Oct 2014.

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara peran gender maskulin dengan intense melakukan kekerasan dalam pacaran pada mahasiswa strata-1 fakultas teknik di Universitas Diponegoro, peran gender feminin dengan intense melakukan kekerasan dalam pacaran pada mahasiswa strata-1 fakultas teknik di Universitas Diponegoro dan perbedaan intense melakukan kekerasan dalam pacaran dengan peran gender maskulin dan peran gender feminin.
Populasi Penelitian ini seluruh mahasiswa strata-1 fakultas teknik yang memiliki karakteristik yang sesuai dengan penelitian.Sampel penelitian sebanyak 90 orang, sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan dua buah Skala Psikologi yaitu Skala Intensi Melakukakan Kekerasan dalam Pacaran (23 aitem valid, α= 0,873) dan Skala Peran Gender (28 aitem valid, α= 0,930).
Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi maskulin sebesar 0,500 dengan p=0,333 (p>0,05) dan koefisien korelasi feminin sebesar 0,031 dengan p=0,477 (p>0,05). Angka p=0,477 (p>0,05). Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti, yaitu terdapat hubungan positif yang signifikan antara peran gender maskulin dan peran gender feminin dengan intense melakukan kekerasan dalam pacaran ditolak. Hasil uji beda antara perbedaan intense melakukan kekerasan dalam berpacaran dengan peran gender maskulin dan peran gender feminin menggunakan uji dua sampel bebas uji Mann-Whitney p=0,035 (p<0,05) dimana angka 0,035 yang jauh dibawah 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti diterima.
Fulltext View|Download
Keywords: Intensi Melakukan Kekerasan dalam Pacaran, Peran Gender, Mahasiswa

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.