skip to main content

HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN KERJA DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA PADA PEGAWAI KANTOR BADAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN KELUARGA BERENCANA (BPPKB) KABUPATEN PATI

Published: 22 Oct 2014.

Citation Format:
Abstract
Suatu instansi/badan hukum yang bergerak dalam bidang pelayanan, dalam hal ini BKKBN dan BPPKB, saat ini cenderung dipandang kurang baik oleh masyarakat. Fenomena yang terjadi saat ini, ada beberapa pegawai BPPKB yang sering datang tidak tepat waktu, hal inilah yang menimbulkan kesan negatif dari masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kedisiplinan kerja dengan produktivitas kerja pada pegawai kantor BPPKB Kabupaten Pati.
Subjek penelitian ini seluruh pegawai BPPKB Kabupaten Pati, berjumlah 88 orang yang tersebar dalam 12 kecamatan serta kantor perwakilan daerah yang ada di kabupaten. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling klaster. Pengambilan data menggunakan skala kedisiplinan kerja (43 aitem valid dengan α= 0,940) dan skala produktivitas kerja (41 aitem valid dengan α= 0,930) yang sebelumnya telah diuji cobakan pada 50 pegawai BPPKB di 9 kecamatan. Data yang diperoleh berdasarkan hasil analisis regresi sederhana menunjukkan nilai koefisien korelasi antara kedisiplinan kerja dengan produktivitas kerja sebesar 0,358 dengan p=0,000 (p<0,05). Arah koefisien korelasi kedua variable adalah positif, artinya semakin tinggi kedisiplinan kerja maka akan semakin tinggi produktivitas kerja dan sebaliknya, semakin rendah kedisiplinan kerja maka semakin rendah pula produktivitas kerjanya.
Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti, yaitu terdapat hubungan yang positif antara kedisiplinan kerja dengan produktivitas kerja pada pegawai BPPKB Kabupaten Pati dapat diterima. Kedisiplinan kerja memberikan sumbangan efektif sebesar 12,8% pada produktivitas kerja, kemudian 87,2% dipengaruhi oleh faktor lain.
Fulltext View|Download
Keywords: Kedisiplinan kerja, produktivitas kerja, pegawai

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.