skip to main content

HUBUNGAN ANTARA KELEKATAN TERHADAP ORANG TUA DENGAN KOMPETENSI INTERPERSONAL PADA PENGURUS BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA (BEM) FAKULTAS DI UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

Published: 22 Oct 2014.

Citation Format:
Abstract
Mahasiswa yang berperan sebagai pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dituntut memiliki kemampuan untuk dapat bekerja sama, menghargai pendapat dan mengatasi konflik. Kemampuan-kemampuan tersebut merupakan bagian dari kompetensi interpersonal. Kompetensi interpersonal adalah kemampuan individu untuk berkomunikasi secara efektif kepada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kelekatan terhadap orang tua dengan kompetensi interpersonal pada pengurus BEM Fakultas di Universitas Diponegoro Semarang serta mengetahui besarnya sumbangan efektif yang didapatkan.
Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan positif antara kelekatan terhadap orang tua dengan kompetensi interpersonal pada pengurus BEM Undip. Sampel penelitian ini adalah pengurus BEM Fakultas di Universitas Diponegoro Semarang yang berjumlah 270 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan dua buah Skala Psikologi, yaitu Skala Kompetensi Interpersonal (40 aitem valid, α = 0,891) dan Skala Kelekatan terhadap Orang Tua (48 aitem valid, α = 0,927).
Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi rxy = 0,543 dengan p = 0,000 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima yaitu terdapat hubungan positif antara kelekatan terhadap orang tua dengan kompetensi interpersonal pada pengurus BEM. Semakin positif kelekatan terhadap orang tua, maka kompetensi interpersonal pada pengurus BEM semakin tinggi. Sumbangan efektif variabel kelekatan terhadap orang tua pada penelitian ini sebesar 29,5%, sedangkan 70,5% dipengaruhi faktor-faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.
Fulltext View|Download
Keywords: Kompetensi Interpersonal, Kelekatan, Pengurus BEM

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.