skip to main content

HUBUNGAN ANTARA CITRA TUBUH DENGAN PERILAKU DIET PADA REMAJA PUTRI DI FITNESS CENTER SEMARANG

Published: 22 Oct 2014.

Citation Format:
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara citra tubuh dengan perilaku diet pada remaja putri di Fitness Center Semarang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan negatif antara citra tubuh dengan perilaku diet pada remaja putri.
Populasi dalam penelitian ini adalah anggota Fitness Center Semarang. Sampel penelitian berjumlah 60 remaja putri, yang diperoleh melalui teknik cluster random sampling. Alat pengumpulan data dalam penelitian adalah Skala Citra Tubuh (30 aitem valid dengan α= 0,859), yang telah diuji cobakan pada remaja putrid yang melakukan diet di Fitness Center.
Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan nilai koefisien korelasi antara citra tubuh dengan perilaku diet adalah sebesar 0,565 dengan p = 0,000 (p<0,05). Koefisien korelasi yang bernilai positif menunjukkan bahwa arah kedua variabel adalah positif, artinya semakin positif citra tubuh maka semakin tinggi perilaku diet. Hal tersebut berlaku pula sebaliknya, yaitu semakin negatif citra tubuh maka semakin rendah perilaku diet.
Fulltext View|Download
Keywords: citra tubuh, perilaku diet, remaja putri

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.