skip to main content

HUBUNGAN ANTARA FANATISME TERHADAP PRODUK PERAWATAN WAJAH DENGAN CITRA DIRI FISIK PADA WANITA DEWASA AWAL

Published: 22 Oct 2014.

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara fanatisme terhadap produk perawatan wajah dengan citra diri fisik pada wanita dewasa awal. Sampel dalam penelitian ini adalah wanita dewasa awal yang telah menjadi anggota tetap di Klinik dr. Djoko Susanto R, Sp. KK sebanyak 40 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan secara incidental sampling.
Pengumpulan data menggunakan dua buah skala psikologi, yaitu skala citra diri fisik (8 aitem valid, α = 0,907) dan skala fanatisme terhadap produk perawatan wajah (26 aitem valid, α = 0,861). Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis regresi sederhana.
Hasil menunjukkan koefisien korelasi sebesar rxy = 0,483 dengan p=0,002 (p<0,05) yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifkan antara fanatisme terhadap produk perawatan wajah dengan citra diri fisik. Semakin tinggi fanatisme terhadap produk perawatan wajah maka semakin tinggi citra diri fisik yang dimiliki, begitu pula sebaliknya. Sumbangan efektif fanatisme terhadap produk perawatan wajah dengan citra diri fisik sebesar 23,3% dan sisanya sebesar 76,7% ditentukan oleh faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian.
Fulltext View|Download
Keywords: fanatisme terhadap produk perawatan wajah, citra diri fisik, wanita dewasa awal

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.