skip to main content

HUBUNGAN ANTARA KOHESIVITAS KELOMPOK DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA ATLET CABANG OLAHRAGA BEREGU

Published: 22 Oct 2014.

Citation Format:
Abstract
Peringkat cabang olahraga beregu Indonesia yang mengalami penurunan dari tahun ke tahun menjadi fenomena memprihatinkan. Berbagai faktor dapat berperan mempengaruhi kondisi tersebut termasuk faktor psikologis, yaitu motivasi berprestasi. Tujuan dari penelitian kuantitatif ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kohesivitas kelompok dengan motivasi berprestasi pada atlet cabang olahraga beregu.
Sampel dalam penelitian ini adalah 149 atlet cabang olahraga sepakbola yang diambil dari populasi melalui teknik cluster random sampling terhadap klub-klub cabang olahraga sepakbola di Kabupaten Demak. Analisis data yang telah terkumpul dilakukan dengan teknik analisis regresi sederhana untuk mengetahui hubungan antara dua variabel yang diteliti. Berdasarkan hasil analisis statistik, diperoleh hasil Rxy = 0,397 dengan p = 0,000 (p<0,05) yang berarti terdapat hubungan positif signifikan antara kohesivitas kelompok dengan motivasi berprestasi pada atlet cabang olahraga beregu.
Berdasarkan hasil analisis, hipotesis yang menyatakan terdapat hubungan antara kohesivitas kelompok dengan motivasi berprestasi pada atlet cabang olahraga beregu terbukti sehingga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Hasil penelitian mengenai hubungan antara kohesivitas kelompok dengan motivasi berprestasi pada atlet cabang olahraga beregu menunjukkan adanya sumbangan efektif sebesar 14,7% yang diberikan kohesivitas kelompok terhadap motivasi berprestasi, sedangkan sisanya 85,3% dipengaruhi oleh faktor lain.
Fulltext View|Download
Keywords: Atlet sepakbola, motivasi berprestasi, kohesivitas kelompok

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.