skip to main content

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP EMPLOYEE RELATIONS DENGAN WORK ENGAGEMENT PADA KARYAWAN PT. BANK X CABANG AREA Y

Published: 22 Aug 2014.

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap employee relations dengan work engagement pada karyawan PT. Bank X Cabang Area Y. Work engagement dapat membentuk sumber daya manusia yang handal dan memiliki sikap kerja yang positif. Peran Persepsi terhadap Employee Relations dapat menciptakan suasana kerja yang kondusif sangat penting karena kinerja karyawan dipertaruhkan untuk mencitakan image positif di mata nasabah. Persepsi terhadap employee relations adalah suatu penilaian karyawan secara kognitif dan afektif terhadap pengelolaan dan pemeliharaan hubungan kerja antara karyawan dengan atasan, karyawan dengan manajemen perusahaan serta karyawan dengan rekan sekerjanya. Work engagement merupakan kondisi psikologis positif yang dimiliki oleh karyawan terhadap pekerjaannya yang ditandai dengan curahan energi dan mental dalam bekerja, bertahan dalam kesulitan, perasaan terlibat yang kuat, penuh konsentrasi, merasa bangga dan tertantang dengan pekerjaannya, serta kesulitan untuk memisahkan diri dengan pekerjaanya.
Jumlah populasi penelitian ini adalah 164 dengan sampel penelitian 66 karyawan tetap dan masa kerja minimal 1 tahun hingga 10 tahun di PT. Bank X Cabang Area Y yang terdistribusi pada 10 kantor cabang dengan menggunakan propotional sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua skala psikologi model Likert, yaitu skala work engagement (32 aitem, α = 0,870) dan skala persepsi terhadap employee relations (32 aitem, α = 0,888).
Analisis data yang digunakan yaitu analisis regeresi sederhana yang dibantu dengan program komputer SPSS version 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara persepsi terhadap employee relations dengan work engagement pada karyawan PT. Bank X Cabang Area Y dengan koefisien korelasi 0,737 dengan p = 0,000 (p<0,05). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa semakin positif persepsi terhadap employee relations maka semakin tinggi work engagement. Persepsi terhadap employee relations memberikan sumbangan efektif sebesar 54,3% terhadap work engagement.
Fulltext View|Download
Keywords: : Work Engagement, Persepsi terhadap Employee Relations, Karyawan

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.